pengembangan perpustakaan man 5jakarta tahun 2008-2011

pengembangan perpustakaan man 5jakarta tahun 2008-2011

PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DI MAN 5 JAKARTA TAHUN 2008-2011


BAB I
PENDAHULUAN

Saat ini masyarakat dunia sedang mengalami pergeseran pola hidup, dari era ekonomi industri ke ekonomi informasi. Pada masa globalisasi, sekarang dan masa mendatang informasi telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Siapa saja yang menguasai ekonomi informasi dengan baik akan menjadi unggul dalam persaingan hidup di masyarakat. Masyarakat informasi yang sedang berkembang ditandai dengan penyebaran informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Perpustakaan merupakan suatu lembaga yang memiliki fungsi sebagai pusat informasi (source of information), khususnya informasi ilmiah yang dibutuhkan oleh siswa,guru, dan sebagainya.
Perpustakaan MAN5,JAKARTA merupakan lembaga yang berfungsi menyediakan informasi ilmiah dan pendidikan keagamaan untuk siswa,guru,masyakat,dan pelajar lain, peneliti, pustakawan, dan karyawan di lingkungan MAN 5 JAKARTA maupun pengguna dari luar melalui koleksi yang dimiliki meliputi buku-buku pelajaran dan pendidikan agama, majalah, surat kabar dan koleksi lainnya, yang berbasis keislaman bagi segenap aktifitas perpustakaan di lingkungan MAN 5 jakarta,sesuai dengan visi dan misi perpustakaan MAN 5,yaitu mencerdeskan kehidupan berbangsa dan bernegara,sesuai dengan pancasila dan UUD 1945..
Keberadaan Perpustakaan MAN5 senantiasa tidak terpisahkan dengan institusi induknya, yaitu KANWIL DEPARTEMEN AGAMA,JAKARTA. Kemudian dari kanwil Departemen Agama,memberikan sumbangan buku,berupa buku-buku pelajaran tentang keagamaaan dan kurikulum lainya,sesuai dengan standar nasional.dan sejarah perpustakaan MAN 5 sendiri,berdiri pada tahun 1982,setelah sebelumnya menjadi perpustakaan pendidikan guru agama islam(PGA),baru pada tahun 1982,terbentuklah perpustakaan MAN 5,jakarta utara
Sejalan dengan perkembangan sejarah perpustakaan MAN 5 tersebut, Perpustakaan MAN5 mengalami peningkatan status, terutama setelah diberlakukannya Keputusan Menteri Agama (KMA) No.14 Tahun 1988 tentang perubahan status yang semula Perpustakaan merupakan bagian Perpustakaan Pusat yang secara struktural berada di bawah Sekretaris Institut, menjadi Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan yang secara struktural berada langsung di bawah Kepala sekolah.
Untuk itu Perpustakaan MAN5 merasa perlu menyusun rencana untuk pengembangan perpustaan MAN5 dan Rencana Operasional Perpustakaan (Renop). Adapun Pengembangan perpustakaan dan Renop Perpustakaan dibuat untuk :
1. Mengarahkan kerja dan pelayanan Perpustakaan
2. Meningkatkan kinerja Perpustakaan agar lebih produktif
3. Memberi pelayanan yang memuaskan pengguna Perpustakaan
4. Mengantisipasi tantangan perpustakaan masa kini dan masa akan datang
5. Memanfaatkan peluang sekarang dan masa akan datang
6. Melaksakan misi PERPUSTAKAAN SEKOLAH MADRASAH
7. Menuju visi PERPUSTAKAAN MAN 5 JAKRTA,sebagai sarana pendidikan,di madrasah


BAB II
VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN MAN 5 JAKARTA

A. VISI
Visi adalah gambaran ideal masa depan yang akan dicapai. Adapun visi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga :
’MENCIPTAKAN GENERASI PELAJAR ISLAM,SESUAI DENGAN PANCASILA DAN UUD 1945.

Penjelasan Visi :
”Unggul dan terkemuka dalam layanan ”
Perpustakaan MAN 5 JAKARTA siap memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada pengguna, agar mereka merasa puas. Disamping itu pengguna merasa mudah dan bersahabat dalam memanfaatkan koleksi dan sarana yang tersedia di Perpustakaan, karena layanan yang diberikan merupakan layanan Perpustakaan MAN 5 yang berorientasi kepada kepuasan pemakai.

”Perpustakaan Penelitian”
Koleksi yang disediakan oleh Perpustakaan tidak hanya koleksi teks dan koleksi referensi tapi koleksi jurnal juga harus dilengkapi, baik jurnal Dalam Negeri maupun Luar Negeri, disamping koleksi penunjang yang lain.

”Berbasis keislaman dan keilmuan”
Berbasis keislaman artinya semua kegiata perpustakaan MAN5 selalu dilandasi syari’at Islam untuk mencapai ridha dari Allah.
Berbasis keilmuan artinya dalam kerja dan layanan mengguna teknologi informasi berupa sarana computer yang mutakhir/berkualitas tinggi untuk mendukung komputerisasi yang integrated diseluruh bidang layanan perpustakaan maupun layanan sekolah untuk mendukung perencanaan program pengembangan perpustakan sekolah yang mandiri dan modern.

B. MISI
Misi adalah tugas dan peranan yang harus diemban dalam upaya menuju visi. Misi Perpustakaan MAN 5 adalah menjalankan tugas dan peranan Perpustakaan dengan baik, meliputi :

1. Mengembangkan Perpustakaan Penelitian berbasis keislaman dan keilmuan
2. Mengelola Perpustakaan berdasar pada keislaman dan keilmuan
3. Memberikan layanan kepada pengguna Perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi
4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk membangun kepercayaan dalam rangka peningkatan layanan
Tugas dan peran Perpustakaan MAN 5 yaitu mengemban misi tersebut dengan kekhususannya adalah koleksi / informasi yang dikumpulkan ( information collector), diatur (information collector), dipelihara (information conservator), disebar (information disseminator) dan sebagai pusat informasi/sumber informasi yang dibutuhkan perpustakaan MAN 5 dan madrasah pada umunya.

C. TUJUAN
Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai. Tujuan Perpustakaan adalah berhasil mencapai hal-hal yang meliputi :
1. Koleksi Perpustakaan yang lengkap , baik cetak maupun non cetak sesuai dengan kebutuhan
2. Pelayanan Perpustakaan secara cepat, tepat dan memuaskan pengguna sesuai dengan petunjuk agama Islam
3. Pengelolaan yang professional, sesuai dengan petunjuk agama Islam
4. Komunikasi global dengan memanfaatkan teknologi informasi (internet)
5. Lokasi (ruangan) yang nyaman dan aman
6. Seluruh layanan dan pekerjaan harus mencerminkan nilai-nilai Islam


BAB III
KONDISI INTERNAL DAN EKSTERNAL
Kondisi internal yang dimaksud adalah kekuatan dan kelemahan Perpustakaan MAN 5 JAKARATA, sedangkan kondisi eksternal adalah kesempatan yang ditemukan dan tantangan adalah tantangan yang dihadapi. Kondisi internal dan eksternal tersebut merupakan analisis yang disebut analisis SWOT ( Strengths, Weaknesses, Opportunities, Treats)

A. KEKUATAN
Kekuatan (Strengths) Perpustakaan MAN 5 JAKARTA
1. Gedung Perpustakaan yang kecil ukuran satu ruang kelas
2. Letaknya strategis di dipinggir jalan yang mudah diakses melalui kendaraan umum
3. Pengembangan Perpustakaan belum mendapat dukungan positif dari pimpinan MADRASAH
4. Suasana di dalam gedung tenang dan nyaman yang dilengkapi dengan kipas angin
5. Halaman parkir yang luas dan gedung dikelilingi oleh pohon dan bunga-bunga ditaman

B. KELEMAHAN
Kelemahan (Weaknesses) Perpustakaan MAN 5 JAKARTA
1. Belum tersedianya tenaga pustakan dan sdm yang memadai
2. Jumlah koleksi bukunya masih buku pelajaran agama dan gak ada koleksi umum.
3. Variasi koleksi masih kurang
4. Gedungnya sangat sempit dan gak ada rak buku untuk menyimpanya
5. Kepala perpustakaan masih dibawah naungan kepala tata usaha, sebagai pengelola
6.Belum adanya katalog buku,sehingga pengguna susah mencari
7.kekurangan jumlah pegawai yang ada diperpus man 5 dan gak ada komputer,sebagai penunjang
8.belum ada layanan internet atau opac
C. KESEMPATAN
Kesempatan (opportunities) Perpustakaan MAN 5 JAKARTA
1. MAN 5 JAKARTA sebagai satu madrasah yang diperhitungkan
2. Dukungan dari pimpinan kepala sekolah
3. Terbuka bagi pemakai diluar man 5 jakarta
4. Adanya jaringan kerjasama dengan pihak luar man 5
5. Bantuan dari pihak luar untuk pengembangan koleksi buku di man5

D. TANTANGAN
Tantangan (threats) Perpustakaan MAN 5 JAKARTA
1. Persaingan antar sekolah yang semakin keras akibat globalisasi (pasar bebas)
2. Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat
3. Pemanfaatan Perpustakaan oleh siswa dan guru yang belum optimal
4. Minat baca yang tinggi untuk siswa, guru dan karyawan
5. Beaya perpustakaan yang semakin tinggi (kenaikan harga buku, langganan majalah, pembelian sarana perpustakaan dan komputerisasi perpustakaan)


E. MASALAH-MASALAH UNTUK PENGEMBANGAN

Masalah yang dihadapi Perpustakaan MAN5 meliputi :
1. Sumber Daya Insani (SDI) baik kuantitas maupun kualitas
Belum adanya tenaga pustawan,dan petugas hanya 1 orang,itupun hanya berpendikan SLTA,yang secara kwalitas sangat meragukan,dan doperpus man 5,pembinanaanya diserahkan oleh guru dan dikelola oleh tata usaha


2. Koleksi Perpustakaan, dari segi jumlah maupun variasinya
Jumlah koleksi perpustakaan yang kurang memadai,sebatas buku pelajaran saja,dan gak adanya koleksi umum,membuat perpustakaan man 5 sepi pengunjung

3. Sarana dan prasarana
Dengan berbagai cara telah dilakukan untuk memenuhi standard sarana dan prasarana yang dibutuhkan perpustakaan, namun masih kurang optimal dan belum memadai dibandingkan pengguna yang harus dilayani.

4. Program Komputerisasi (automasi)
Program komputerisasi perpustakaan menjadi masalah strategis karena tuntutan zaman, yakni perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang berkembang sedemikian cepatnya, maka perpustakaan perlu mengantisipasi hal ini. Komputerisasi perpustakaan dilakukan untuk meningkatkan layanan dan kualitas kinerja perpustakaan. Dalam kaitannya dengan komputerisasi, perpustakaan sudah mengembangkan software untuk layanan, penambahan hardware dan mengkursuskan staf agar ahli dalam hal computer.

5. Anggaran Perpustakaan
Jumlah total anggaran perpustakaan (khususnya untuk pengembangan koleksi). Saat ini masih di bawah ideal, karena secara teori sudah sesuai belum memenuhi standar yang diberikan oleh pemerintah,untuk pengembangan perpustakaan madrasah,yaitu 5% dari total biaya pendidikan,untuk perpustakaan 5%,selama ini biaya ditentukan oleh tata usaha.


BAB IV
STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI

Strategi yang dibuat untuk menjalankan misi dan menuju visi tersebut di atas adalah sebagai berikut :
a) Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM.
Jumlah staf perpustakaan perlu disesuaikan dengan jumlah ideal (mendekati jumlah staf ideal). Program studi lanjut, kursus atau pelatihan perpustakaan, diskusi/ seminar, atau kegiatan ilmiah lainnya perlu diikuti oleh staf perpustakaan untuk peningkatan kualitasnya. Dalam hal ini staf perpustakaan harus bekerja dengan niat ibadah, sungguh-sungguh (semagat tinggi), penuh disiplin, produktif, teliti dan tepat, serta memberi pelayanan dengan senang, ramah, dan sepenuh hati.
b) Peningkatan jumlah koleksi dan variasi koleksi
Jumlah koleksi, baik jumlah judul maupun eksemplar buku/majalah, jurnal perlu ditingkatkan untuk mendekati jumlah ideal. Terutama jurnal ini untuk menunjang perpustakaan penelitian baik dalam bentuk digital maupun hardcopy. Koleksi perlu dibuat lebih bervariasi, tidak hanya buku, tetapi juga perlu ditambah non printed collection seperti kaset, VCD, CD-ROM, Micro film, dan sebagainya.
c) Pengadaan sarana perpustakaan
Perpustakaan harus mempunyai sarana pendukung yaitu televise + video pengeras suara (wire less), LCD, papan display yang representative.
d) Peningkatan komputerisasi (automasi) perpustakaan
Untuk peningkatan integrated automated library, perpustakaan harus mengembangkan program komputerisasinya, baik pengembangan software (perangkat lunak, program- program computer), hardware (perangkat keras computer), brainware (SDM). Perpustakaan perlu mengembangkan software yang compatible, sesuai kebutuhan, dan sejalan dengan program komputerisasi di MAN 5 Jakarta pada umumnya. Staf perpustakaan harus dilatih agar mampu menghadapi program komputerisasi tersebut.
e) Peningkatan anggaran perpustakaan
Jumlah anggaran perpustakaan sangat mempengaruhi peningkatan SDM, peningkatan koleksi, pengadaan sarana, program komputerisasi perpustakaan dan eksistensi perpustakaan secara umum.Walaupun saat ini anggaran perpustakaan masih kurang ideal, suatu saat nanti anggaran harus ditingkatkan menjadi 5-10%.




BAB V
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Program-program kerja perpustakaan meliputi seluruh fungsi-fungsi perpustakaan dan sarana yang mendukungnya, baik program rutin maupun temporal. Program tersebut dibagi dalam beberapa bidang sebagai berikut
1. Bidang Sumber Daya Manusia
2. Bidang Anggaran
3. Bidang Koleksi
4. Bidang Perlengkapan /Sarana
5. Bidang Administrasi
6. Bidang Pelayanan
7. Bidang Kegitan Ilmiah
8. Bidang Humas


BIDANG KEBIJAKAN / STRATEGI PENGEMBANGAN
PROGRAM
PELAKSANAAN
1 2 3 4

Bidang Pelayanan Optimalisasi pelayanan perpustakaan kepada pengguna. 1. Mengadakan layanan perpustakaan secara otomasi penuh disemua unit/urusan.
2. Mengadakan dan membuat daftar catalog, bibliografi, dan indeks koleksi.

Setiap hari kerja


Bidang Perlengkapan/Sarana 1. Peningkatan sarana pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi.



2. Peningkatan layanan dalam bentuk short massage service 1. Mengadakan dan menambah sarana pelayanan untuk mendukung program otomasi penuh.
2. Menyediakan ruangan luas untuk sarana membaca siswa,dengan memberi kenyaman,berupa ruang berAC

1. Mengadakan software data ambil mandiri



Tahun 2008-2010












Bidang SDM Peningkatan SDM pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan teknologi 1. Mengikuti pendidikan dan latihan profesi di dalam maupun di luar instansi.
2. Penambahan pegawai di bidang komputerisasi maupun programmer.

Tahun 2008-2011


Bidang Administrasi Peningkatan dan pengembangan adminstrasi perpustakaan 1. Mengadakan software layanan administarsi untuk mendukung kelancaran dan ketepatan.
2. Menyediakan standar layanan baku dengan ukuran waktu.

Tahun 2008



Bidang Koleksi 1.Pengembangan koleksi perpustakaan dalam bentuk Elektronik dokumen/buku

2.Peningkatan jumlah koleksi dengan standar rasio 1 Siswa : 10 buku 1. Menyediakan koleksi dalam bentuk elektronik/ CD
2. Menyediakan layanan multimedia


Mengajukan usulan penambahan anggaran sehingga jumlah koleksi sampai mencapai rasio berimbang 1 : 10


Tahun 2008-2011










Bidang Anggaran Peningkatan anggaran sebesar 5% dari anggaran Sekolah Mengajukan usul penyesuaian anggaran berimbang.

Setiap Tahun


Bidang Kegiatan Ilmiah Peningkatan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah 1. Membentuk dan mendorong munculnya klub baca siswa sebagai wahana untuk komunikasi dua arah.
2. Mengadakan acara bedah buku, seminar terencana dan terjadwal 1 tahun sekali.

Tahun 2008-2011


Bidang Humas Peningkatan dan pengembangan kerjasama Mengadakan dan meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi yang ada di JAKARTA. Maupun luar JAKARTA negeri maupun swasta.

Setiap Tahun


BAB VI
RENCANA ANGGARAN

Rencana anggaran dalam pengembangan perpustakaan MAN 5, Jakarta sebagai berikut:

BIDANG KEBIJAKAN / STRATEGI PENGEMBANGAN
ANGGARAN
SUMBER DANA
1 2 3 4

Bidang Pelayanan Optimalisasi pelayanan perpustakaan kepada pengguna. Rp. 10.000.000,- Angaran rutin


Bidang Perlengkapan/Sarana 1. Peningkatan sarana pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi.





2. Peningkatan layanan dalam bentuk short massage service Rp. 50.000.000.- Anggaran rutin dan Proyek


Bidang SDM Peningkatan SDM pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan teknologi Rp.80.000.000 Anggaran rutin dan Proyek


Bidang Administrasi Peningkatan dan pengembangan adminstrasi perpustakaan Rp. 10.000.000,- Anggaran rutin



Bidang Koleksi 1.Pengembangan koleksi perpustakaan dalam bentuk Elektronik dokumen/buku

2.Peningkatan jumlah koleksi dengan standar rasio 1 siswa : 10 buku Rp. 250.000.000,- Anggaran rutin, proyek dan sponsor

Bidang Anggaran Peningkatan anggaran sebesar 5% dari anggaran sekolah Rp. 5.000.000,- Anggaran rutin


Bidang Kegiatan Ilmiah Peningkatan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah Rp. 100.000.000,- Anggaran rutin, proyek dan sponsor


Bidang Humas Peningkatan dan pengembangan kerjasama Rp. 125.000.000,- Anggaran rutin






























BAB VII
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Perpustakaan MAN 5 jakarta sebagai salah satu madrasah yang berada di jakarta,secara global,mungkin perpustakaanya masih kalah jauh,karena kurang adanya perhatian dari pihak sekolah itu sendiri,dan kurangnya tenaga pustakawan dan memang sama sekali gak ada tenag pustakawan,dan untuk kedepannya mungkin akan lebih ditingkatkan lagi kualitas dan pengembangan perpustakaan supaya lebih maju,lebih mudah dalam pelayanan,dan meningkatkan lagi jumlah tenaga pustakawanya minimal 10 orang,dan dari jumlah tersebut masih dibagi untuk mengelola di masing-masing bagianya.dan menyediakan tempat yang luas untuk pembaca, dengan menyediakan tempat baca yang nyaman,berAC,koleksi buku ditingkatkan,komputer diperbanyak,minimal ada 10 unit

B. SARAN
Rencana setrategis pengembangan perpustakaan MAN 5 JAKARTA,tahun 2008-2011 agar dapat berjalan dengan baik harus selalu diaudit dan dilaksanakan dengan transparan.




















DAFTAR BACAAN

Amsyah, Zulkifli. Manajemen Sistem Informasi, Jakarta: Gramedia, 2007.
Dwiyanto, Arif Rifai. Jaringan Perpustakaan Digital Indonesia. Makalah disampaikan pada konggres IX Ikatan Pustakawan Indonesia, Malang, 17 September 2002.
Imam Rahardjo, Arlinah. Proyek Jaringan Virtual Perpustakaan Universitas Kristen di Indonesia=INCu-VL. Makalah disampaikan dalam Lokakarya: Pengelolaan Internet bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta-Surabaya, 20-25 September 1999.
Lasa HS. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gema Media, 2005.
Sutarno NS. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto,2006.
LPJ Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2001-2005.
Http :// www.uin-suka.info/dok_html tanggal akses 24 Maret 2008.























No. KEBIJAKAN / STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM
1 2 3
1 Optimalisasi pelayanan perpustakaan kepada pengguna. 3. Mengadakan layanan perpustakaan secara otomasi penuh disemua unit/urusan.
4. Mengadakan dan membuat daftar catalog, bibliografi, dan indeks koleksi.
2 Peningkatan sarana pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi. 3. Mengadakan dan menambah sarana pelayanan untuk mendukung program otomasi penuh.
4. Menyediakan ruangan khusus untuk karya tulis dosen, peneliti, pustakawan dan karyawan dalam bentuk elektronik maupun CD.
3 Peningkatan SDM pelayanan perpustakaan sesuai tuntutan teknologi 3. Mengiukti pendidikan dan latihan profesi di dalam maupun di luar instansi.
4. Penambahan pegawai di bidang komputerisasi maupun programmer.
4 Peningkatan dan pengembangan adminstrasi perpustakaan 3. Mengadakan software layanan administarsi untuk mendukung kelancaran dan ketepatan.
4. Menyediakan standar layanan baku dengan ukuran waktu.
5 Pengembangan koleksi perpustakaan dalam bentuk Elektronik dokumen/buku 3. Menyediakan koleksi dalam bentuk elektronik/ CD
4. Menyediakan layanan multimedia
6 Peningkatan anggaran sebesar 5% dari anggaran Universitas Mengajukan usul penyesuaian anggaran berimbang.

7 Peningkatan jumlah koleksi dengan standar rasio 1 Mahasiswa : 25 buku Mengajukan usulan penambahan anggaran sehingga jumlah koleksi sampai mencapai rasio berimbang 1 : 25
8 Peningkatan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah 3. Membentuk dan mendorong munculnya klub baca mahasiswa sebagai wahana untuk komunikasi dua arah.
4. Mengadakan acara bedah buku, seminar terencana dan terjadwal 1 tahun 4 kali.
9 Peningkatan dan pengembangan kerjasama Mengadakan dan meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi yang ada di DIY. Maupun luar DIY negeri maupun swasta.
10 Peningkatan layanan dalam bentuk short massage service Mengadakan software data ambil mandiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top