SEPUTAR BAJAJ PULSAR 200NS
Bukan rahasia lagi ketika salah satu brand motor asal India mulai merambah dunia tidak terkecuali di Indonesia. Bajaj merupakan salah satu pabrikan yang inovatif, lantaran keberaniannya menggandeng brand ternama seperti KTM, BMW, Kawasaki dalam beberapa produknya.
Bajaj di Indonesia sendiri diketahui sedang menjalin kerjasama dengan Kawasaki, dalam hal penjualan produknya Pulsar 200NS. Telah banyak media otomotif yang mencoba membredel keberadaanya kelak di Tanah Air. Salah satu bukti terkuat adalah pada TPT Kemenperin RI.
Dalam TPT tersebut Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mendaftarkan kode tertentu yang telah terbukti dan dibenarkan pihaknya sebagai motor asal India ini, Pulsar 200NS. Basic motor yang 'ditampung' KMI ini adalah motor naked sport dengan kubikasi mesin 200cc.
Pulsar 200NS, motor dengan desain yang sporty dan dinamis ini rencananya akan dirilis paling lambat Mei 2013 ini, berdasarkan kesimpulan teman-teman media otomotif lainnya. Setelah kemunduran jadwal launchingnya pada tahun lalu, 2012.
Motor Bajaj ini siap bersaing dengan kompetitornya yakni Honda dan Yamaha yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di motor sport 150cc-200cc.
Sedemikian ketatnya persaingan pasar di segmen ini, membuat Bajaj yakin menggantungkan nasib Pulsar 200 NS-nya kepada Kawasaki, yang memang terkenal lebih fokus ke penjualan motor sport.
Untuk harganya sendiri ada kemungkinan melalui Kawasaki, Bajaj akan melego Pulsar 200NS sekitar Rp 20 jutaan.
Harapannya Pulsar 200NS mampu bersaing dengan Honda CB150R, New Yamaha V-Ixion, New Mega Pro, Honda Verza. Bahkan menantang sang legenda Honda Tiger yang rencananya juga akan bertransformasi dalam bentuk dan mesin injeksi baru. Sumber : otosia.com
Bajaj Pulsar 200NS sendiri memiliki spesifikasi mesin sebagai berikut:
- Mesin:l SOHC, 4 katub, berpendingin cairan
- Kapasitas: 199,5cc
- Pengapian: 3 busi sekaligus
- Bore x Stroke : 72mm x 49mm
- Daya : 23,5 hp pada 9.500 rpm
- Torsi: 18,3 Nm pada 8.000 rpm
- Fuel system: Karburator (Fuel Injection dipersiapkan untuk Indonesia)
- Kapasitas Tangki: 12 liter
- Suspensi: Depan; menggunakan teleskopik 37mm dan belakang; Nitrox monoshock
- Rem: Depan dan belakang sudah mnengunakan rem cakram (disc brake)
Mesin
- Tipe SOHC, 4 valves, liquid Cooled
- Combustion system Triple spark (tiga busi sekaligus)
- Ignition system Independent spark control through ECU
- Crankshaft Type Integral
- Tenaga 23,52 hp pada 9500 rpm
- Torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm
- Bore x Stroke: 72 x 49 (mm)
- Kapasitas mesin 199.5cc (200cc)
- Sistem pembakaran masih karburator (UCD 33)
- Filter udara menggunakan paper element
- Knalpot TEC dengan satu moncong keluar
- Tipe rangka Perimeter Frame dengan Pressed steel
- Wheel base 1363 mm
- P x T x L: 2017 x 1195 x 804 (mm)
- Ground clearance 167 mm
- Bobot motor 145 kg
- Kapasitas tangki BBM 12 liter
- Konsumsi BBM 58 km/liter
Suspensi
- Depan: Telescopic Front Fork with Antifriction Bush Dia 37
- Belakang: Nitrox Mono Shock Absorber with piggy back gas canister
- Depan: Petal Disc with floating caliper, diameter 280 mm
- Belakang: Petal Disc with floating caliper, diameter 230 mm
- Depan: 100/80 – 17, 52 P Tubeless, 10 spoke 2.5 x 17, Alloy
- Belakang: 130/70 – 17, 61 P Tubeless, 10 Spoke, 3.5 x 17, Alloy
- Max Speed 136 Kmph
- Acceleration: 0-60 kmph 3.61 sec dan 0-100 kmph 9.83 sec
- System DC Ignition
- Battery 12V 8AH VRLA
- Head Lamp HS1 35/35W
- Tail/Stop Lamp 0.3/3 W, LED
Tidak ada komentar:
Posting Komentar